10 Tips Mencegah Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik genetik, lingkungan, gaya hidup, maupun berbagai riwayat kesehatan yang lain. Sebelumnya medisatu.com telah membahas mengenai penyebab sinusitis dan gejala yang timbul pada penyakit sinusitis. Melihat gejala yang mengganggu aktifitas para penyandang penyakit sinusitis, kali ini medisatu.com akan membahas mengenai 10 tips mencegah terjadinya sinusitis.  Karena sebaik-baiknya pengobatan adalah mencegah sebelum terjadi ataupun mencegah komplikasi berbahaya dari penyakit ini.

Adapun 10 tips yang dapat kami sebutkan agar kita terhindar dari penyakit sinusitis, yaitu :

  1. Kenali Faktor Resiko Dari Keluarga Yang Dapat Menjadi Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Sinusitis

Beberapa penyakit genetik dari keluarga dapat menjadi faktor resiko terjadinya penyakit sinusitis ini, seperti radang rongga hidung karena alergi debu dan dingin serta penyakit asma. Jika kita telah mengetahui dan memiliki penyakit tersebut sebaiknya tingkatkan kewaspadaan kita agar terhindar dari penyakit ini. Ada baiknya selalu kontrol kondisi kedua penyakit tersebut ke dokter anda. Semakin sering kekambuhan dari penyakit tersebut terjadi semakin tinggi resiko terkena penyakit sinusitis.

  1. Saat Sedang Flu Hindari Makanan dan Minuman Panas, Dingin, Pedas, Bersoda dan Berkafein

Ketika sedang ada masalah pada rongga hidung maupun saluran nafas bagian atas ada baiknya menghindari makanan dan minuman panas, dingin, pedas, bersoda dan berkafein dikarenakan makanan dan minuman tersebut akan memperparah proses radang yang terjadi, mengentalkan dahak, memperparah infeksi dan menambah berat gejala dari flu. Selain itu hal ini sangat beresiko meningkatkan terjadinya penyakit sinusitis.

  1. Stop Merokok

Perokok yang aktif maupun pasif beresiko terkena penyakit sinusitis dikarenakan kandungan zat-zat berbahaya pada rokok dapat mengiritasi hingga merusak permukaan saluran nafas. jika terjadi peradangan saluran nafas terus menerus akan meningkatkan resiko terkena penyakit sinusitis.

  1. Konsumsi Multivitamin Dan Antioksidan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh yang baik adalah senjata utama mencegah terjadi penyakit sinusitis. Dikarenakan saat daya tahan tubuh turun berbagai penyakit yang berkaitan dengan alergi, infeksi maupun peradangan lainnya akan lebih mudah menyerang. Dengan konsumsi multivitamin dan antioksidan daya tahan tubuh akan meningkat.

  1. Cukup Istirahat

Cukup istrirahat membuat tubuh menjalankan fungsinya dalam regenerasi sel yang rusak maupun proses penyembuhan penyakit. Saat terkena infeksi saluran nafas atas (ISPA) istirahat menentukan cepat lambatnya proses penyembuhan. Selain itu istirahat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Obati Infeksi Saluran Pernafasan Secara Tepat

Infeksi saluran nafas yang tidak diobati secara benar dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit sinusitis ini. Apabila infeksi terjadi akibat dari bakteri meminum antibiotik adalah pilihan tepat. Namun jika karena virus ada baiknya tidak perlu meminum antibiotik. Semakin cepat dan tepat infeksi saluran nafas ditangani semakin cepat proses penyembuhan sehingga menurunkan resiko terjadinya penyakit sinusitis.

  1. Konsultasi Pada Dokter Untuk Riwayat Penyakit Yang Meningkatakan Resiko Terjadi Sinusitis

Beberapa riwayat penyakit terdahulu seperti trauma wajah yang menyebabkan pembengkokan dari tulang  hidung dan wajah perlu terapi yang tepat dari ahli THT-KL (Telinga Hidung Tenggorokan-Kepala Leher) apakah perlu terapi operatif atau tidak. Penyakit seperti polip juga harus ditangani dengan baik karena polip mengganggu aliran lendir saluran pencernaan yang meningkatkan resiko penyakit sinusitis. Gigi berlubang terutama pada rahang bagian atas juga sebagai sumber infeksi utama penyakit sinusitis, jika tidak ditangani infeksi ini akan mengakibatkan penyakit sinusitis.

  1. Bersihkan Air Conditioner Pada Seluruh Bagian Rumah Secara Berkala

Pembersihan Air Conditioner secara berkala minimal 3 bulan sekali mampu membersihkan paparan debu dan bakteri dilingkungan keluarga dan hal ini meminimalisasi resiko terjadinya ISPA terkait bakteri dan debu, hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit sinusitis.

  1. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin mampu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga penyakit-penyakit yang meningkatkan faktor resiko terjadinya penyakit sinusitis terkait infeksi, alergi dan peradangan lain lebih dapat dicegah.

  1. Gunakan Alat Pelindung Diri Jika Bekerja Pada Lingkungan Berpolusi Dan Berdebu.

Bagi para pekerja yang berada dalam lingkungan tinggi polusi seperti pabrik tekstil, pabrik yang menghasilkan asap kimia maupun asap pembakaran bahan alam, sebaiknya menggunakan alat pelindung diri yang sesuai standar keselamatan kerja, selain itu kontrol kesehatan wajib dilakukan untuk mengetahui munculnya resiko penyakit penyebab sinusitis lebih dini.

Sekian pembahasan kami mengenai 10 Tips Mencegah Penyakit Sinusitis, untuk memahami penyakit ini kami hadirkan artikel terkait mengenai penyebab sinusitis dan gejala sinusitis. Share artikel ini jika anda mendapatkan manfaat setelah membacanya. Salam sehat selalu (dr. Gigih Setiawan, 2017).

Artikel terkait: (THT)

Penyakit Sinusitis, Penyebab Hidung Meler Menahun

Gejala Meler Menahun Hati-Hati Penyakit Sinusitis

Tips Mencegah Telinga Sakit Saat Naik Pesawat

Mengapa Kita Cegukan, Bagaimana Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web