12 Kiat Ginjal Sehat Cegah Penyakit Gagal Ginjal

Ginjal sehat merupakan berkah yang luar biasa bagi kita, bayangkan jika salah satu ginjal kita bermasalah pastinya akanĀ  mengganggu aktivitas dan kualitas hidup penyandangnya. Penyakit ginjal yang berbahaya adalah gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal menyebabkan seseorang tidak dapat membuang racun hasil metabolisme tubuh, racun ini akan berbahaya bila kadarnya sangat tinggi dan bisa menyebabkan permasalahan kesehatan yang berbahaya pada berbagai organ hingga dapat menyebabkan kematian. Oleh karena pentingnya menjaga kesehatan kedua ginjal kita kali ini medisatu.com akan memberikan tips menjaga kesehatan ginjal.

Fungsi Ginjal

Ginjal dalam istilah medis disebut renal, normalnya seseorang memilki 2 buah ginjal yang terletak dibagian pinggang kiri dan kanan. Fungsi ginjal sangat penting dalam berbagai pengaturan fungsi tubuh. Ginjal organ penting yang mengatur tekanan darah, keseimbangan asam-basa tubuh, pengaturan pembentukan sel darah merah, pengaturan cairan tubuh dan ion-ion tubuh, mengeluarkan racun tubuh sisa hasil metabolisme dan pengaturan metabolisme mineral tulang yang diperantarai vitamin D.

Penyakit Ginjal

Kebanyakan penyakit ginjal adalah penyakit skunder yang diakibatkan oleh penyakit lain seperti penyakit darah tinggi yang tidak terkontrol, penyakit kencing manis yang tidak terkontrol, dehidrasi yang tidak ditangani dengan baik, penyakit lupus, batu ginjal maupun infeksi saluran kemih. Selain itu penyakit ginjal dapat diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti sedikitnya konsumsi air mineral, konsumsi obat-obatan tanpa kontrol dari dokter, kadar kolesterol darah tinggi, konsumsi jamu dan herbal palsu, konsumsi alkohol dan narkoba. Gagal ginjal memilki 5 tahap sebelum dikatakan sebagai gagal ginjal stadium akhir. Pada stadium akhir penyakit gagal ginjal seorang diharuskan melakukan cuci darah yang terjadwal setiap minggunya. Pada masyarakat stigma cuci darah ini sangatlah berdampak buruk pada segi ekonomi dikarenakan biaya yang mahal untuk cuci darah maupun bagi pasien yang akan selalu bergantung pada cuci darah. Selain itu dari sisi medis cuci darah sebenarnya adalah pilihan penyelamatan yang terbaik saat ini. Resiko lebih berbahaya jika seseorang yang sudah didiagnosa gagal ginjal namun menolak untuk cuci darah, hal ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya hingga kematian.

Kiat Agar Ginjal Sehat

Melihat pentingnya menjaga kesehatan kedua ginjal kita, medisatu.com akan bahas 12 kiat ginjal sehat agar kita mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal kita, diantaranya.

  1. Cek kondisi kesehatan ginjal secara rutin

Mengetahui kondisi kesehatan ginjal kita lebih dini akan lebih baik sehingga kita dapat melakukan upaya-upaya antisipasi, jikalau hasil pemeriksaan baik oleh dokter maupun laboratorium mengarah ke hasil yang kurang baik. Upaya-upaya ini bertujuan agar kerusakan ginjal yang sudah tidak berlanjut hingga stadium akhir. Adapun yang dapat diperiksa di laboratorium untuk menilai fungsi ginjal yaitu kadar Cystatin C, Ureum darah, Creatinin darah, laju filtrasi(penyaringan) glomerulus dan urin rutin.

  1. Kontrol tekanan darah tinggi anda

Penyakit darah tinggi yang tidak terkontrol menjadi penyebab utama kerusakan ginjal. Dikarenakan ginjal adalah organ penyaring darah dan sistem pembuluh darah dari ginjal adalah end arteri (arteri tidak bercabang lagi pada organ ginjal langsung berhubungan dengan sel fungsionalnya), jika terjadi tekanan yang tinggi pada pembuluh darah akibat penyakit hipertensi akan menimbulkan kerusakan langsung pada sel-sel fungsional ginjal.

  1. Kontrol gula darah anda jika anda menderita penyakit kencing manis

Gula darah yang tinggi secara terus menerus akan menimbulkan kerusakan metabolik pada sel-sel fungsional ginjal. Kerusakan ini bersifat permanen dan akan dapat berlanjut hingga gagal ginjal stadium akhir.

  1. Kontrol kadar kolesterol darah anda

Kadar kolesterol darah yang tinggi memilki resiko terjadinya plak-plak pengerasan pada pembuluh darah yang memberikan nutrisi pada ginjal. Jika terjadi secara terus menerus pembuluh darah ginjal tersebut akan mengeras dan memicu terjadinya penyakit darah tinggi yang merupakan penyebab utama kerusakan ginjal.

  1. Turunkan berat badan

Kegemukan atau obesitas dapat memicu timbulnya gangguan metabolisme lemak dan karbohidrat, hal ini akan memicu timbulnya penyakit darah tinggi, kadar kolesterol darah tinggi, dan penyakit kencing manis yang merupakan penyebab dari kerusakan organ ginjal.

  1. Rutin berolahraga dan aktivitas fisik

Olahraga dan aktvitas rutin dapat membantu organ ginjal dalam menjalankan fungsinya, selain itu olahraga rutin dapat mencegah terjadinya kegemukan dan penyakit berbahaya yang lain. Olahraga rutin juga dapat meningkatkan produksi senyawa didalam tubuh yang memilki efek proteksi pada pembuluh darah ginjal.

  1. Stop Merokok

Merokok dikaitkan dengan produksi radikal bebas yang tinggi pada tubuh (zat oksidan) yang dapat merusak pembuluh darah sehingga memicu terjadinya pengerasan pembuluh darah ginjal, selain itu nikotin senyawa aktif pada rokok memberikan efek pengerasan dan penyempitan pada pembuluh darah yang memberikan nutrisi ke ginjal. Hal ini sangat meningkatkan resiko kerusakan pada ginjal.

  1. Hindari konsumsi obat-obatan tanpa pengawasan dokter

Beberapa obat memiliki efek samping merusak ginjal, selain itu ginjal juga berfungsi sebagai organ yang membuang hasil metabolisme obat-obatan, jika terjadi gangguan ginjal tahap awal sebaiknya konsultasikan penggunaan obat-obat tertentu oleh dokter anda sehingga tidak terjadi kerusakan ginjal ke tahap selanjutnya.

  1. Hindari konsumsi jamu dan herbal yang belum tersertifikasi badan POM

Banyak gagal ginjal stadium akhir terjadi karena konsumsi jamu maupun herbal palsu. Dikarenakan kandungan kimia berbahaya pada jamu dan herbal palsu tersebut. Selain itu herbal dan jamu palsu memiliki dosis yang belum terbukti secara ilmiah hal ini akan membahayakan kesehatan ginjal anda.

  1. Konsumsi air mineral minimal 10 gelas perhari

Konsumsi air mineral yang cukup yaitu 10 gelas perhari membuat cairan tubuh menjadi seimbang dan memudahkan kerja ginjal dalam menyaring darah dan menyaring racun-racun hasil metabolisme tubuh yang harus dibuang. Cukup minum juga menurunkan resiko terjadi batu ginjal yang dapat menyebabkan gangguan ginjal.

  1. Hindari minuman alkohol dan minuman dengan zat tambahan

Alkohol merupakan zat beracun untuk ginjal dikarenakan alkohol dapat membuat keasaman darah meningkat yang membuat kerja ginjal memberat jika terus berlangsung lama hal ini dapat merusak sel-sel ginjal. Alkohol oplosan yang mengandung methanol dapat langsung merusak sel-sel ginjal yang dapat berakhir pada stadium akhir penyakit gagal ginjal. Minuman dengan pewarna maupun pemanis tambahan dapat memperberat kerja ginjal, jika hal ini terus berlangsung ginjal akan kesulitan menjalankan fungsinya dan akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

  1. Hindari makanan yang tinggi purin

Makanan tinggi purin adalah sumber dari kadar asam urat di dalam darah. Asam urat ini beresiko merusak langsung pada organ ginjal, selain itu asam urat yang tinggi meningkatkan resiko batu ginjal asam urat yang menjadi faktor resiko penyakit gagal ginjal.

Ginjal sehat adalah suatu investasi yang sangat berharga bagi kita semua, oleh sebab itu agar terhindar dari penyakit gagal ginjal sebaiknya terus lakukan upaya-upaya yang dapat menjaga ginjal kita tetap sehat. Share artikel ini jika anda merasa mendapatkan manfaat setelah membacanya. Salam sehat selalu (dr. Gigih Setiawan, 2017).

artikel terkait:

Kiat Jitu Jantung Sehat Cegah Penyakit Jantung

10 Kiat Mencegah Penyakit Kencing Manis

Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi) Apakah Bisa Sembuh?

Persepsi Yang Salah Mengenai Penyakit Asam Urat Dan Tips Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web