Bakteri Superbug Penyebab dan Cara Pencegahannya

Belakangan ini ramai diperbincangkan mengenai infeksi bakteri superbug yang menginfeksi salah satu selebrita tanah air. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui apa yang dimaksud bakteri superbug. Kali ini medisatu akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan bakteri super bug dan bagaimana cara pencegahan agar kita tidak terinfeksi bakteri super bug.

Bakteri Superbug

Bakteri sebetulnya merupakan mikroorganisme yang banyak terdapat di sekitar kita. Bakteri ada yang dalam kondisi normal berada di dalam tubuh kita yang dalam istilah medis disebut sebagai flora normal. Ada pula bakteri yang tidak seharusnya berada di dalam tubuh yang jika koloninya berlebih akan menimbulkan penyakit yang disebut sebagai bakteri patogen. Daya tahan tubuh kita, secara alamiah dapat menekan jumlah koloni bakteri patogen ketika kondisi daya tahan tubuh kita baik, akan menimbulkan masalah kesehatan ketika daya tahan tubuh kita tidak dalam keadaan yang baik sehingga jumlah koloni bakteri patogen lebih dari normal. Bakteri adalah makhluk hidup yang dapat beradaptasi, ketika kita terserang penyakit yang diakibatkan oleh suatu bakteri dan kita meminum obat antibiotik secara tidak benar dan tidak sesuai aturan maka akan beresiko menimbulkan koloni bakteri superbug.

Strain bakteri superbug ini akan menimbulkan masalah serius dan sulit ditangani, jika pun berhasil ditangani akan menghabiskan biaya yang besar dalam penatalaksanaannya. Bakteri superbug ini dapat terbentuk dikarenakan terjadi pertukaran gen antara bakteri yang terpapar antibotik, bakteri yang berhasil survive dari kondisi paparan antibiotik ini akan memberikan gen adaptasi kepada strain bakteri sejenis yang lain, gen adaptasi ini akan menyatu dengan inti gen bakteri sejenis yang lain, gen bakteri adaptasi yang berhasil selamat ini dapat menghasilkan enzim yang dapat menetralisir antibiotik tersebut maka terbentuklah koloni bakteri superbug. Dikarenakan koloni strain bakteri superbug ini memilki “senjata” gen adaptasi maka koloni bakteri superbug ini akan sulit “dibunuh” dengan antibiotik pilihan untuk bakteri tersebut. Bakteri superbug selalu menjadi masalah di dunia medis. Di dunia telah ditemukan beberapa golongan bakteri superbug, diantaranya.

  1. Strain Bakteri Superbug NDM-1

Bakteri NDM-1 (New Delhi Metallo-beta-lactamase-1) adalah strain bakteri E. coli dan Klebsiella pneumonia penghasil enzim bernama betalaktamse dan carbapenemase, hal ini menyebabkan bakteri tersebut akan resisten dan tidak dapat dibunuh menggunakan antibiotik golongan betalaktam seperti penisilin, karbapenem dll. Infeksi bakteri superbug ini dapat menimbulkan infeksi kulit berat dan infeksi paru-paru mematikan.

  1. Strain bakteri superbug MRSA

Strain bakteri MRSA (Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus) yaitu strain bakteri yang tahan terhadap metilsilin dan berbagai jenis antibiotik yang menjadi pilihan utama infeksi Staphylococcus aures ini. Bakteri superbug ini dapat menembus jauh ke dalam tubuh, menyebabkan berbagai penyakit infeksi menular seperti infeksi tulang, infeksi sendi, infeksi darah, infeksi katup jantung, dan infeksi paru-paru.

  1. Strain bakteri superbug Clostridium difficile

Di Amerika strain super bug ini dapat menyebabkan penyakit diare yang sangat berat dan dapat menimbulkan dehidrasi berat. Sebenarnya strain bakteri Clostridium difficile normal tidak akan menyebabkan gangguan pencernaan berarti jika kondisi daya tahan tubuh baik. Penyebab utama terbentuknya strain bakteri super bug ini dikarenakan penggunaan antibiotik yang salah sehingga terjadi super koloni dari bakteri superbug ini.

  1. Strain bakteri superbug MDR-TB

Bakteri superbug tuberculosis, terbentuk dikarenakan pengobatan penyakit TBC (Tuberculosis) yang tidak tuntas dan terputus ditengah jalan. Jika seseorang terinfeksi bakteri ini maka akan menimbulkan infeksi TBC yang akan sulit diberantas. Strain bakteri superbug ini menjadi masalah yang berbagai negara dan menimbulkan kesulitan dalam pemberantasan infeksi bakteri TBC.

  1. Strain bakteri superbug Gonorrhea

Bakteri superbug penyebab infeksi saluran kencing bernanah ini muncul dikarenakan penggunaan antibiotik pada infeksi berulang oleh kuman N. Gonnorhea pada pekerja seks komersial. Infeksi saluran kencing ini tidak dapat diberantas dengan obat pilihan utama seperti levofloxacin, ciprofloxacin dll.

Mencegah Infeksi Bakteri Superbug

Melihat beratnya penyakit yang dapat diakibatkan oleh berbagai jenis infeksi bakteri superbug ini, maka sebaiknya kami akan berikan cara pencegahan agar kita terhindar dari infeksi bakteri superbug ini diantaranya.

  1. Habiskan antibiotik yang diresepkan untuk anda

Salah satu factor resiko terjadi strain bakteri superbug ini adalah penggunaan antibiotik yang tidak habis. Hal ini akan meningkatkan resiko terinfeksi strain bakteri superbug ini. Selain itu hal ini dapat memicu terbentuknya strain bakteri superbug baru.

  1. Jangan membeli antibiotik tanpa resep

Penggunaan antibiotik tanpa resep sudah menjadi budaya dimasyarakat. Banyak warung-warung kecil menjual antibiotik seperti supertetra (tetrasiklin), amoksilin, dan ampisilin dengan bebas. Hal ini sangat berbahaya jika ternyata pembeli menggunakan antibiotik tersebut secara tidak tepat. Pola pengobatan seperti ini sangat beresiko terjadi infeksi bakteri superbug.

  1. Jangan gunakan antibiotik untuk infeksi selain bakteri

Sebenarnya hal ini lebih tepat anjuran untuk para dokter, dimana banyaknya penggunaan antibiotik pada infeksi selain yang disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi virus, jamur maupun parasit. Hal  ini dapat memicu terbentuknya strain bakteri superbug baru.

  1. Ingatkan dokter anda jika anda mendapat lebih dari satu antibiotik

Penggunaan antibiotik lebih dari satu dapat memicu timbulnya resistensi terhadap salah satu jenis antibiotik pada bakteri normal yang ada di dalam tubuh, hal ini dapat memicu terjadinya strain bakteri superbug baru.

  1. Cuci tangan dan mandi setelah dari Rumah sakit

Cuci tangan dan mandi setelah dari rumah sakit merupakan hal penting agar kita terhindar dari infeksi bakteri superbug ini, karena sumber utama bakteri super bug ini adalah rumah sakit. Rumah sakit memilki berbagai jenis strain bakteri superbug yang berbahaya dan sulit diberantas.

Sekian informasi medisatu.com kali ini mengenai bakteri superbug. semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Share artikel ini jika anda merasakan manfaat setelah membaca artikel ini. Salam sehat selalu (dr. Gigih Setiawan, 2017)

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web