Gejala Pilek Menahun Hati-Hati Penyakit Sinusitis

Kami sudah membahas penyebab dari penyakit sinusitis pada artikel Penyakit Sinusitis Penyebab Hidung Meler (Pilek) Menahun. Kali ini medisatu.com akan membahas mengenai bagaimanakah gejala-gejala yang muncul pada penyakit sinusitis, akan kami paparkan penjelasannya.

Gejala Penyakit Sinusitis

Sinusitis dalam istilah medis biasa disebut juga rinosinusitis adalah radang pada rongga hidung dan rongga sinus yang terjadi karena berbagai penyebab. Untuk sinusitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi baik bakteri maupun virus. Sinusitis akut ini berlangsung kurang dari 3 minggu. Sedangkan sinusitis kronis dapat berlangsung hingga 3-8 minggu maupuan berbulan-bulan ataupun tahunan. Gejala pun akan berbeda antara sinusitis akut dan sinusitis kronis melihat perbedaan yang mendasar dari penyebab kedua penyakit ini.

Gejala Sinusitis Akut

Gejala yang muncul dari sinusitis akut ini biasanya lebih berat dari gejala sinusitis kronis yaitu gejala utama hidung meler berbau busuk, diikuti dengan rasa tersumbat dan buntu yang berlangsung kurang dari 3 minggu. Gejala tersebut dapat diikuti dengan gejala tambahan yaitu munculnya gejala demam lebih dari 38 derajat celcius yang dapat berlangsung terus menerus maupun hilang timbul, kepala terasa penuh, letih lesu, batuk yang memberat pada malam hari hingga sakit kepala. Gejala tambahan berupa terasa aliran lendir saat kepala dalam posisi lebih rendah dari tubuh. Biasanya penyakit sinusitis akut ini memiliki gejala dari riwayat infeksi saluran nafas atas maupun infeksi pada bagian gigi rahang atas sebelumnya.

Gejala sinusitis kronis

Gejala dari sinusitis kronis biasanya lebih ringan dibandingkan sinusitis akut. Karena pada sinusitis kronis ini tubuh sudah beradaptasi terhadap penyebab dari penyakit sinusitis ini. Adaptasi yang terjadi tidak sepenuhnya menghasilkan manifestasi yang baik. Jika dibiarkan sinusitis kronis akan menyebabkan komplikasi yang berbahaya seperti infeksi otak maupun selaput otak yang dapat menyebabkan kematian. Adapun gejala sinusitis kronis yaitu

  1. Pilek menahun yang hilang timbul, pilek terkadang berbau busuk. Pilek akan hilang jika mengonsumsi obat-obatan dekongestan, namun muncul kembali setelah obat dihentikan.
  2. Demam yang terkadang muncul tanpa sebab dan sembuh sendiri tanpa diberikan obat.
  3. Terasa penuh pada bagian wajah terutama di bagian dahi, kedua pipi dan di sebelah hidung.
  4. Dapat muncul rasa nyeri yang hebat ketika terjadi infeksi saluran nafas bagian atas. Nyeri dari sinusitis kronis ini tergantung dari lokasi sinus yang terkena. Berikut ini nyeri yang terjadi terkait lokasi sinus yang meradang :
  • Pada sinusitis frontalis menyebabkan sakit kepala pada bagian dahi.
  • Pada sinusitis maksilaris menyebabkan sakit pada rahang atas, kedua pipi dan sakit kepala.
  • Pada sinusitis ethmoidalis menyebabkan rasa nyeri di bagian belakang antara mata hingga dahi. Nyeri juga dapat timbul jika pinggiran hidung ditekan.
  • Pada sinusitis sfenoidalis menyebabkan nyeri yang lokasinya tidak dapat dipastikan. namun bisa dirasakan di puncak kepala bagian depan ataupun belakang, atau kadang menyebabkan sakit telinga dan sakit leher.
  1. Rasa penuh pada kedua telinga yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.
  2. Gangguan dalam mencium bau maupun aroma.
  3. Terjadinya aliran lendir dari bagian belakang hidung saat posisi kepala di bawah bagian tubuh.
  4. Munculnya bau mulut yang tidak diketahui asalnya.
  5. Letih, lemah dan lesu.

Jika muncul beberapa gejala seperti di atas secara bersamaan ada baiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter, agar dapat dilakukan upaya diagnosis pasti baik dengan pemeriksaan radiologi maupun laboratorium. Untuk upaya pencegahan dari penyakit sinusitis dapat anda lihat pada artikel, 10 Tips Mencegah Penyakit Sinusitis. Share artikel ini jika anda mendapatkan manfaat setelah membacanya. Salam sehat selalu (dr. Gigih Setiawan, 2017).

Artikel terkait: (THT)

Penyakit Sinusitis, Penyebab Hidung Meler Menahun

10 Tips Mencegah Penyakit Sinusitis

Tips Mencegah Telinga Sakit Saat Naik Pesawat

Mengapa Kita Cegukan, Bagaimana Cara Mengatasinya

 

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web