Kadas dan Cara Mengobatinya

Di indonesia yang beriklim tropis dimana cuaca panas merupakan cuaca yang sering kita alami. Cuaca panas ini dapat memicu berbagai keluhan penyakit kulit. Penyakit infeksi pada kulit merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat kita. Salah satu bentuk infeksi kulit yaitu penyakit kadas. Kadas adalah penyakit kulit yang sangat menjijikan bagi sebagian orang, bagi yang menderita penyakit ini terkadang penyakit kadas menyebabkan banyak keluhan seperti gatal saat cuaca panas dan bertambah saat berkeringat, menyebabkan penurunan kepercayaan diri, disertai putus asa dikarenakan sulitnya pengobatan kadas ini.

Kadas disebabkan oleh infeksi jamur di permukaan kulit, paling sering lokasinya terletak di tempat lipatan tubuh yang lembab seperti leher, ketiak, lipat paha, kepala dan di kedua kaki. Kadas muncul sebagai keluhan kulit berupa bruntusan berbentuk cincin dengan tampak bagian sehat ditengahnya. Kadas muncul memilki beberapa faktor diantaranya: kegemukan, penyakit diabetes, aktifitas harian yang tinggi menyebabkan mudah terjadinya keringat, penggunaan pakaian ketat, jenis kelamin pria dan cuaca panas.

Kadas dapat menjadi infeksi jamur yang kronis, dikarenakan pada fase awal infeksi penderita biasanya hanya menganggap ringan penyakit ini, keluhan awal yang terjadi hanya ringan dan belum menimbulkan gangguan, namun seiring berjalanya waktu dan beberapa kondisi yang mendukung pertumbuhan infeksi jamur ini seperti keringat, penggunaan pakaian ketat, kegemukan dan penyakit kencing manis maka pertumbuhan jamur diatas permukaan kulit semakin cepat.

Pengobatan kadas dapat menggunakan obat antijamur yang dapat dibeli bebas di apotek ataupun jika kadas dalam kondisi berat diperlukan konsultasi dengan dokter jikalau diperlukan pengobatan dengan obat antijamur minum. Pengobatan kadas sebenarnya tidaklah sulit, yang sulit adalah menjaga konsistensi pasien dalam pengobatan kadas dikarenakan pengobatan kadas dapat mencapai 4-6 minggu masa pengobatan. Kegagalan pengobatan kadas dikarenakan pasien bosan mengkonsumsi obat ataupun mengoleskan obat antijamur, karena pada hakekatnya keluhan kadas akan berkurang saat masa pengobatan telah mencapai waktu diatas 3-4 minggu, hal ini bukan lah waktu yang singkat. Oleh karena itu agar pengobatan kadas berhasil dibutuhkan konsistensi dan komitmen pasien, selain itu dokter juga harus berperan sebagai edukator yang baik dalam penyampaian rencana pengobatan dan memberikan saran-saran seperti :

  1. Tidak boleh menggunakan pakaian dan handuk secara bersamaan dengan penderita kadas.
  2. Tidak boleh menggunakan pakaian ketat.
  3. Jika pengobatan terputus ditengah jalan diharapkan pasien kembali kontrol.
  4. Sering mencuci tangan untuk menghindari infeksi lain pada kulit yang terkena kadas.
  5. Evaluasi 4 minggu setelah pengobatan apakah keluhan berkurang atau tidak untuk mengganti terapi dengan tambahan obat lain.

Obat krim yang dapat dibeli bebas di apotik diantaranya klortimazol, mikonazol, ekonazol dan sampo selenium sulfida. Kiranya jika muncul keluhan seperti diatas diharapakan lebih dahulu berkonsultasi ke dokter anda (dr. Gigih Setiawan, 2017).

3 thoughts on “Kadas dan Cara Mengobatinya

  1. nurul at

    Dok mau nanya dong. Penyebab dan gejala eksim basah dan eksim kering??

  2. dr. G Setiawan at

    selamat malam. terima kasih untuk pertanyaannya

    penyebab eksim yang paling sering adalah gangguan dari sistem kekebalan tubuh yang terdapat di kulit
    awalnya dapat dipicu oleh gigitan serangga, infeksi jamur, dll.
    lebih baik priksakan dahulu ke dokter untuk meyakinkan apakah itu benar eksim atau infeksi kulit lainya, agar sesuai dalam pengobatan nantinya

    Terima Kasih

    dr. G setiawan

  3. nurul at

    Terima kasih dok

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web