Manfaat Air Dugan (Kelapa Muda) Untuk Kehamilan

Setiap ibu yang sedang hamil pastinya menginginkan yang terbaik untuk anak yang dikandungnya. Termasuk asupan nutrisi dan kesehatan sang buah hati. Oleh karena itu ibu yang sedang hamil sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minumannya. Terlebih lagi banyak mitos di masing-masing daerah yang beraneka ragam tentang makanan dan minuman yang baik ataupun yang tidak boleh dikonsumsi.

Salah satu yang sering kita dengar adalah air dugan  yang diminum oleh ibu hamil dapat membuat bayinya memiliki kulit yang lebih putih dan rambut terlihat lebat. Lantas benarkah hal tersebut? Dan apakah air kelapa memiliki manfaat lain bagi kehamilan?

Air Dugan atau kelapa muda memiliki beberapa kandungan yang memang bermanfaat bagi ibu hamil. Beberapa kandungan dan manfaat dari air dugan bagi kehamilan adalah sebagai berikut.

  1. Air Dugan Memiliki Banyak Kandungan Elektrolit

Elektrolit dalam air dugan dapat menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban sehingga air ketuban dapat menjadi lebih jernih.

  1. Kandungan Antioksidan yang Cukup Tinggi dalam Air Dugan

Antioksidan juga memiliki fungsi menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban sehingga air ketuban dapat menjadi lebih jernih, namun yang dibersikan hanya air ketuban bukan kulit bayi sehingga mitos yang beredar bahwa air dugan membuat kulit bayi menjadi lebih putih belum dapat dibuktikan. Begitu juga efek terhadap rambut bayi masih belum dilakukan penelitiannya.

  1. Air Dugan Menambah Asupan Cairan bagi Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil membutuhkan jumlah cairan yang lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Air dugan yang dikonsumsi juga dapat menambah asupan cairan bagi ibu hamil.

  1. Air Dugan Untuk Mencegah Infeksi pada Ibu Hamill

Air Dugan dapat membantu melancarkan proses pembuangan urin sehingga dapat membersihkan saluran kemih dari zat sisa yang sudah tidak bermanfaat dari dalam tubuh dan mencegah infeksi  saluran kemih pada ibu hamil.

  1. Air Dugan Untuk Memperbaiki Sistem Pencernaan pada Ibu Hamil

Selama kehamilan sering terjadi gangguan pencernaan pada ibu hamil, hal tersebut karena efek hormon progesteron yang dihasilkan plasenta memperlambat kerja lambung sehingga dapat menimbulkan beberapa keluhan masalah pencernaan. Air dugan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat memperbaiki proses pencernaan dan meningkatkan kembali fungsi pencernaan.

  1. Air Dugan Untuk Menjaga Kadar kolestrol pada Ibu Hamil Menjadi Stabil

Air dugan mengandung jumlah lemak dan kolesterol yang sangat sedikit. Dan air dugan dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh Ibu Hamil.

Ibu hamil sebaiknya rutin meminum air dugan sejak menjelang trimester ketiga hingga melahirkan kerena begitu banyak manfaatnya bagi ibu dan anak yang sedang dikandung. Semoga bermanfaat, dan semoga selalu sehat dan lancar hingga melahirkan. Aamiin.

Dr. Riyan Wahyudo

artikel terkait :

Kehamilan

Persiapan Menjelang Persalinan Yang Harus Diketahui Bagi Ibu Hamil

Sedang Hamil, Hindari Posisi Telentang Saat Tidur

Herbal 

15 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Terbukti Ilmiah

Khasiat Kulit Manggis Yang Terbukti Ilmiah Mencegah Berbagai Penyakit

Khasiat Buah Naga Penurun Kadar Kolesterol Darah

 

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web