Mengapa kita cegukan? Bagaimana cara mengatasinya?

Cegukan, sesuatu hal yang pasti pernah kita alami. Sebenarnya apa sih cegukan itu dan bagaimana itu bisa terjadi? Ada tidak tips untuk mengatasi cegukan? Akan kita bahas dalam tulisan ini.

Cegukan dalam bahasa latinnya singultus adalah sebuah fenomena yang sering terjadi secara tiba-tiba dan tidak ada tanda-tanda gejala sebelumnya. Cegukan terjadi karena kekakuan otot-otot dinding dada dan diafragma yang kemudian diikuti dengan penutupan pita suara (glotis) secara cepat, sehingga menimbulkan suara “hik”. Penyebab cegukan belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa keadaan yang diduga sebagai penyebab cegukan, seperti makan terlalu banyak dan cepat, terutama makanan berlemak dan minuman alkohol, peradangan di tenggorokan serta benda asing di telinga atau di rongga mulut.

Cegukan yang dalam bahasa inggrisnya hiccups dapat terjadi selama 48 jam atau lebih disebut sebagai singultus persisten, sedangkan cegukan yang terjadi selama satu bulan atau lebih disebut sebagai intractable hiccups. Pada keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan psikogenik (jiwa), kelainan sistem saraf pusat, iritasi pada cabang nervus vagus, iritasi diafragma, kelainan pada jantung, peradangan saluran cerna, tukak lambung, hiperekstensi kepala, kelainan metabolik, dan juga beberapa obat-obatan diduga dapat menyebabkan cegukan namun mekanismenya belum diketahui secara pasti. Pada cegukan tipe persisten atau intractable hiccups memerlukan penanganan medis dan evaluasi lebih lanjut agar dapat diketahui penyebab kondisi tersebut.

Sebenarnya cegukan yang sering kita alami biasanya sembuh sendiri dan tidak memerlukan terapi lebih lanjut ya sob. Nah itulah sekilas tentang cegukan. Setelah membahas apa itu cegukan berikut kami berikan tips buat sobat sekalian untuk mengatasi cegukan yang sobat alami. Cegukan yang tidak mengganggu, terjadinya sesekali dan berlangsung sebentar tidak memerlukan penanganan khusus. Jika cegukan sobat dirasa sudah mengganggu maka sobat dapat melakukan hal yang bersifat merangsang tenggorokan dan pita suara agar dapat menghambat komponen refleks penyebab cegukan. Tindakan yang dapat dilakukan sobat seperti menahan nafas, bernafas pada kantong kertas, minum air dingin, menelan ludah, menghisap lemon atau menghirup zat yang dapat merangsang bersin (seperti merica). Selain itu anda juga dapat melakukan pijatan di bagian belakang leher. Cara-cara ini tidak menyebabkan efek samping dan terbukti efektif dalam mengatasi cegukan.

Jika sobat sudah melakukan hal diatas, namun cegukan yang sobat alami tidak juga hilang dan terasa semakin mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter karena hal tersebut memerlukan penanganan lebih lanjut. Demikianlah pembahasan tentang cegukan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan dapat mengatasi cegukan yang sobat alami secara cepat. Share artikel ini jika sobat merasa mendapatkan manfaat setelah membacanya. Salam sehat buat kita semua. (/rf)

Mengapa kita cegukan? Bagaimana cara mengatasinya? simak di artikel berikut ini.Click To Tweet

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web