Perawatan Herbal Mencegah Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut merupakan suatu masalah kesehatan yang mengganggu baik pada pria maupun wanita. Kerontokan rambut dapat berujung pada penurunan kepercayaan diri dan masalah kesehatan yang lain. Kerontokan rambut juga dapat menjadi gejala skunder dari berbagai penyakit sistemik lain. Pada artikel kali ini Medisatu akan membahas mengenai kerontokan rambut dan tips perawatan herbal mencegah kerontokan rambut.

Fungsi Rambut

Rambut adalah mahkota bagi semua orang karena rambut berfungsi selain memberikan perlindungan dan memberikan kehangatan kepada kulit, rambut juga berperan sebagai penunjang penampilan dan estetika. Pada wanita, perawatan rambut tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan perawatan bagian tubuh yang lain. Rambut pada wanita menjadi simbol kecantikan dan keindahan, sedangkan pada pria rambut mempengaruhi rasa percaya diri. Namun dalam dunia medis rambut memliki fungsi lebih dari sekedar estetika, rambut merupakan bagian tubuh yang membantu mengatur suhu tubuh, pada saat panas tubuh berlebih, melalui kelenjar keringat rambut mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Saat udara dingin, pori-pori rambut akan mengecil untuk mempertahankan suhu panas tubuh. Rambut juga berfungsi sebagai alat perasa yang memperbesar efek rangsang sentuhan terhadap kulit.

Ciri-ciri rambut sehat

Rambut terdiri atas akar dan tangkai rambut. Akar rambut dialiri darah dan syaraf, oleh karena itu rambut sangat sensitif terhadap lingkungan, cuaca, atau zat-zat kimia yang digunakan untuk tata rias rambut. Rambut tumbuh di atas kulit dan akarnya tertanam di dalam kulit. Sebetulnya perubahan biologis dan reaksi biokimia rambut terletak di dalam akar, akar inilah yang menentukan pertumbuhan dan kerontokan rambut. Ciri-ciri rambut sehat diantaranya volumenya tebal, berwarna sesuai pigmen kulit (pada orang indonesia pada umumnya hitam), berkilau, tidak kusut, tidak mudah dicabut dan tidak rontok.

Jenis-jenis rambut pada manusia

Rambut pada manusia dibagi dalam 2 jenis yaitu:

  1. Rambut terminal

Rambut terminal adalah rambut yang bertekstur kasar dan mengandung banyak pigmen (zat warna alami tubuh). Lokasi rambut terminal ini di daerah kepala, alis, bulu mata, ketiak, dagu, di atas bibir, dan bagian kemaluan. Rambut terminal ini memilki diameter > 0.03 mm, rambut terminal ini diproduksi oleh sel folikel rambut besar yang ada di lapisan sub kutis.

  1. Rambut velus

Rambut velus adalah rambut yang bertekstur halus dan sedikit mengandung pigmen. Rambut velus ini dihasilkan oleh sel folikel rambut yang sangat kecil, diameter rambut velus ini <0.03 mm.

Masalah kerontokan rambut biasanya sering mengenai sel rambut terminal dikarenakan sel rambut ini berlokasi di tempat-tempat yang menunjang penampilan dan esteika.

Kerontokan rambut

Mengapa bisa terjadi kerontokan rambut? Kami sudah bahas sebelumnya bahwa ciri-ciri rambut sehat adalah tidak mudah rontok, sudah jelas berarti rambut yang mudah rontok adalah rambut yang “sakit” dan membutuhkan perawatan. Rambut rontok (hair loss) adalah suatu kelainan dimana jumlah rambut yang terlepas lebih banyak dari normal, dengan atau tanpa penipisan yang tampak. Kerontokan rambut normalnya memang terjadi, dikatakan abnormal jika jumlah rambut yang rontok melebihi > 120 helai perhari. Penyebab kerontokan rambut ini sangat beranekaragam diantaranya gangguan nutrisi rambut akibat penyakit sistemik seperti kencing manis, hormonal, kelainan genetik, stress, kurang gizi, penuaan, pengaruh lingkungan seperti alergi kosmetik, radiasi sinar matahari, paparan suhu panas yang tinggi dan radiasi sinar x terhadap akar rambut.

Perawatan kerontokan rambut dengan herbal

Untuk memahami perawatan rambut yang tepat, baiknya kita memahami penyebab awal dari kerontokan rambut tersebut. Beberapa keadaan yang menyebabkan kerontokan rambut ada yang sama sekali tidak dapat diobati apabila menyangkut penuaan dan kerusakan permanen akar rambut. Namun ada juga kerontokan rambut yang dapat disembuhkan apabila penyebabnya dihilangkan seperti menjaga kadar gula pada penderita kencing manis, pemberiaan obat-obatan minum, fototerapi, dan injeksi obat pada daerah yang mengalami kerontokan rambut. Selain obat-obatan dan terapi medis, kami akan memberikan tips berbagai herbal alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut diantaranya.

  1. Kemiri

Kemiri merupakan salah satu tanaman semak yang termasuk kedalam tanaman jarak-jarakan. Kemiri mengandung sejumlah senyawa kimia yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan menghitamkan rambut secara alami. Kandungan asam lemak pada kemiri memicu pertumbuhan rambut dan menguatkan akar rambut sehingga kerontokan rambut dapat teratasi. Kemiri sebaiknya diolah dahulu menjadi minyak kemiri sebelum digunakan yaitu dengan cara :

  • Sangrai biji kemiri secukupnya atau panggang dalam oven lalu dinginkan.
  • Setelah kemiri dingin, tumbuk atau blender biji kemiri hingga tekstur kemiri menjadi halus.
  • Setelah halus campurkan dengan air matang secukupnya, lalu peras dengan kain hingga minyak keluar.
  • Saring hasil perasan tadi agar bersih kemudian masukan minyak kedalam botol.
  • Oleskan minyak kemiri dari bawah hingga ujung rambut, pijat-pijat dengan lembut ketika mengoleskan.
  • Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan sampo bilas hingga bersih. Ulangi seminggu minimal 2 kali.
  1. Lidah Buaya

Sejak zaman nenek moyang kita lidah buaya digunakan untuk perawatan kesehatan rambut, kandungan vitamin A, Vitamin c, asam amino, cuprum, inositol, enzim dan berbagai mineral lain  dari lidah buaya lah yang dapat mengurangi kerontokan rambut dan memperkuat akar rambut. Cara menggunakan lidah buaya dalam merawat kerontokan rambut yaitu :

  • Potonglah 2 atau 3 buah daun lidah buaya yang segar dan memilki ukuran besar.
  • Kupaslah kulit hijau tebal lidah buaya dengan hati-hati dan tipis dari masing-masing daun menggunakan pisau yang tajam agar gel lidah buaya yang kita dapatkan juga semakin banyak.
  • Jika lidah buaya sudah terkelupas semua, ambil gel lidah buaya tersebut dan letakkan pada mangkuk yang bersih.
  • Haluskan gel lidah buaya tersebut dengan menggunakan blender atau alat lainnya, jangan tambahkan air saat menghaluskan. Pastiken gel tercampur merata.
  • Saring gel tersebut agar sedimennya terpisah dengan cairan. Jangan sampai sedimen ikut tersaring karena dapat mengotori rambut.
  • Cuci bersih rambut anda, oleskan cairan lidah buaya mulai dari pangkal hingga ujung rambut dan pijit lembut pada kulit kepala.
  • Tutup rambut dengan penutup plastik dan tunggu selama 5 menit.
  • Setelah itu bilaslah hingga bersih dengan sampo dan air, ulangi seminggu minimal 2 kali.
  1. Apel

Apel dapat digunakan dalam perawatan rambut rontok dikarenakan pada daging buah apel terkandung senyawa procyanin B-2, senyawa ini dapat meningkatkan aktivitas pertumbuhan sel folikel rambut dan merangsang perubahan siklus sel folikel rambut dari fase istirahat masuk ke fase pertumbuhan. Anda bisa langsung mengkonsumsi apel minimal satu apel perhari ataupun dibuat sebagai minuman berupa jus tanpa tambahan pemanis dan tanpa mengupas kulit apel tersebut.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat). Asam oleat ini berfungsi memperlambat kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Asam oleat adalah antioksidan yang dapat melindungi rambut dari ancaman produk perawatan dan tata rias rambut yang berbahan kimia, polusi asap kendaraan bermotor dan rambut yang rusak akibat kurang nutrisi. Alpukat dapat anda konsumsi langsung ataupun dibuat minuman berupa jus tanpa tambahan pemanis. Anda juga dapat membuat masker rambut dari buah alpukat dengan cara :

  • Tumbuk hingga halus satu buah alpukat, sesuaikan dengan panjangnya rambut anda.
  • Pastikan alpukat ditumbuk hingga halus. Tambahkan setengah cangkir minyak zaitun. Aduk hingga merata.
  • Basahi rambut Anda sebelum menggunakan masker rambut. Lumuri rambut yang basah dengan masker alpukat secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat-pijat lembut kulit kepala anda.
  • Tunggu sekitar 20 menit hingga masker mengering
  • Bersihkan rambut Anda dengan bersih menggunakan sampo dan kondisioner. Ulangi minimal seminggu 2 kali.
  1. Madu

Madu mengandung senyawa pinocembrin. Pinocembrin adalah senyawa antioksidan yang penting bagi kesehatan rambut. Senyawa ini mampu meremajakan sel rambut, memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, memperlancar sirkulasi darah pada akar rambut dan menghasilkan jaringan kulit yang kondusif untuk pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi kuat dan tidak kusam. Anda dapat mengonsumsi madu langsung ataupun mencampurnya dengan masker rambut anda. Konsumsi madu ada baiknya rutin satu sendok perhari.

Sekian tips perawatan herbal untuk mencegah kerontokan rambut semoga bermanfaat. Jangan biarkan kerontokan rambut menjadi masalah yang berlarut segera hubungi dokter anda jika masalah kerontokan rambut terus terjadi. Share artikel ini apabila anda merasakan manfaat setelah membacanya. Salam sehat selalu (dr. Gigih Setiawan, 2017).

Artikel terkait :

Khasiat Buah Naga Merah Penurun Kolesterol Darah

Perawatan Herbal Mencegah Kerontokan RambutClick To Tweet

20 thoughts on “Perawatan Herbal Mencegah Kerontokan Rambut

  1. мамаша и сын на речке мамаша и сын на речке мамаша и сын на речке мамаша и сын на речке

  2. девушка села навибратор девушка села навибратор девушка села навибратор девушка села навибратор

  3. мультик смотреть онлайн гей мультик смотреть онлайн гей мультик смотреть онлайн гей мультик смотреть онлайн гей

  4. скачать через торрент видео женские ножки скачать через торрент видео женские ножки скачать через торрент видео женские ножки скачать через торрент видео женские ножки

  5. силиконовые сиськи ласки силиконовые сиськи ласки силиконовые сиськи ласки силиконовые сиськи ласки

  6. порно в жопа озбекский порно в жопа озбекский порно в жопа озбекский порно в жопа озбекский

  7. порно ножки фото галерия порно ножки фото галерия порно ножки фото галерия порно ножки фото галерия

  8. смотреть где срывают целки в кино смотреть где срывают целки в кино смотреть где срывают целки в кино смотреть где срывают целки в кино

  9. моменялись женами порно моменялись женами порно моменялись женами порно моменялись женами порно

  10. секс в необычных местах порно онлайн секс в необычных местах порно онлайн секс в необычных местах порно онлайн секс в необычных местах порно онлайн

  11. порно зрелие спаринам порно зрелие спаринам порно зрелие спаринам порно зрелие спаринам

  12. только семейное частное видео порно только семейное частное видео порно только семейное частное видео порно только семейное частное видео порно

  13. видео садизм бдсм видео садизм бдсм видео садизм бдсм видео садизм бдсм

  14. как сматрес на сайта порнуху бес скачивоня как сматрес на сайта порнуху бес скачивоня как сматрес на сайта порнуху бес скачивоня как сматрес на сайта порнуху бес скачивоня

  15. смотреть порно отодрал до слёз смотреть порно отодрал до слёз смотреть порно отодрал до слёз смотреть порно отодрал до слёз

  16. русская девочка в привате русская девочка в привате русская девочка в привате русская девочка в привате

  17. порно фильмы в чулка порно фильмы в чулка порно фильмы в чулка порно фильмы в чулка

  18. мама застукала отца с дочерью порно мама застукала отца с дочерью порно мама застукала отца с дочерью порно мама застукала отца с дочерью порно

  19. массирует красивую попу массирует красивую попу массирует красивую попу массирует красивую попу

  20. порнорассказы про боллбастинг порнорассказы про боллбастинг порнорассказы про боллбастинг порнорассказы про боллбастинг

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web