Persiapan Menjelang Persalinan yang Harus Diketahui bagi Ibu Hamil

Bagi wanita hamil melahirkan merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu, Namun semakin dekat waktu persalinan terkadang timbul banyak pertanyaan dan rasa takut. Terlebih lagi bagi wanita yang baru hamil pertama kali. Beberapa hal diantaranya adalah apa yang harus dipersiapkan menjelang persalinan.

Pesalinan dapat dilakukan secara normal maupun secara Caesar (operasi). Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Persalinan secara normal menimbulkan rasa sakit yang tidak lama, waktu pulih untuk beraktifitas seperti biasa juga lebih cepat. Berikut persiapan untuk ibu menjelang persalinan.

  1. Menentukan Tempat Persalinan

Persalinan dapat dilakukan di beberapa tempat, namun yang paling penting adalah harus tersedianya tenaga Medis baik itu dokter kandungan, dokter umum ataupun bidan. Namun jika persalinan harus dilakukan secara operasi (Caesar) maka tempatnya pun harus di Rumah Sakit yang memiliki sarana lengkap untuk tindakan operasi tersebut. Sebaiknya jangan terlalu jauh menentukan tempat persalinan, jadi jika tanda-tanda persalinan muncul dapat segera tiba di tempat persalinan tersebut.

2. Mempelajari Tanda–Tanda Persalinan

Tanda-tanda persalinan harus sudah dimengerti oleh calon ibu dan suami. Tanda-tanda persalinan dapat dibaca di buku yang sering dibawa kontrol selama kehamilan (buku Pink). Tanda-tanda persalinan tersebut berupa adanya kontraksi atau mulas-mulas yang semakin kuat, keluar lendir darah dan atau air ketuban. Tanda-tanda persalinan tersebut dapat dijadikan acuan untuk segera membawa ke sarana tempat bersalin.

  1. Mempelajari Proses Persalinan

Proses berlangsungnya persalinan bukan hanya dipelajari penolong persalinan, tetapi juga harus dipelajari sang Ibu. Tujuannya dengan diketahuinya proses persalinan oleh ibu adalah agar mempermudah saat dibimbing atau dipimpin selama proses persalinan oleh penolong persalinan. Proses persalinan dapat diketahui melalui konsultasi langsung kepada dokter atau bidan yang akan menolong ataupun dapat juga berbagi pengalaman dari ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya.

  1. Persiapan Fisik Sebelum melahirkan

Bagi ibu yang hendak melahirkan sebaiknya menyiapkan fisik untuk persalinan agar dapat berjalan dengan lancar. Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan untuk menunjang kesiapan fisik ibu hamil diantaranya adalah senam hamil dan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit.

  1. Mengkonsumsi makanan gizi seimbang

Pada akhir kehamilan berat badan janin cenderung meningkat lebih cepat, konsumsi makanan gizi seimbang tentu sangat penting. Konsumsi gizi seimbang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu yang hendak melahirkan dan janinnya.

  1. Membersihkan dan mencukur rambut kemaluan.

Pada saat melahirkan dapat terjadi robekan di area kemaluan, resiko tersebut meningkat saat persalinan normal pertama kali. Jika terjadi robekan resiko untuk infeksi juga meningkat dan harus dilakukan penjahitan sehingga sebaiknya area dan rambut kemaluan dicukur dan dibersihkan.

  1. Persiapan lainya

Selain persiapan diatas ada beberapa persiapan yang bukan dari ranah kesehatan yang sebaiknya juga harus disiapkan seperti dokumen dan persyaratan administrasi dan keperluan sehari-hari selama berada di sarana tempat bersalin. Dan yang juga penting adalah persiapan untuk keperluan bayi.

Demikian persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum proses persalinan. Semoga persalinan Bunda berjalan dengan lancar serta bunda dan sang bayi dapat selalu sehat. Aamiin. Share artikel ini jika anda mendapatkan manfaat setelah membacanya.

dr. Riyan Wahyudo

artikel terkait :

Sedang Hamil Hindari Posisi Telentang Saat Tidur

Manfaat Air Dugan (Kelapa Muda) Untuk Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web