Teripang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada teripang yang berkhasiat untuk kesehatan

Kekayaan alam indonesia sebenarnya bukan hanya ada di bidang agraria, namun di dalam laut Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Salah satu kekayaan alam laut yang memiliki khasiat untuk kesehatan adalah teripang. Gamat atau teripang merupakan hewan laut yang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat sebagai makanan dan obat tradisional. Teripang mengandung berbagai senyawa aktif yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Dalam penelitian tentang , High-value components and Bioactives from Sea Cucumbers for Functional Foods – A Review tahun 2011 diketahui bahwa teripang memiliki kandungan nutrisi seperti: vitamin A, vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), dan mineral seperti kalsium, magnesium, iron dan zinc. Selain itu teripang mengandung berbagai zat aktif Kemampuan terapeutik dan efek pengobatan yang dimiliki gamat dihubungkan dengan adanya triterpen saponin, chondrointin sulfates, steroid fenol, asam amino dan asam lemak tak jenuh.

Manfaat teripang bagi kesehatan

Teripang atau timun laut, di dalam masyarakat telah lama diketahui memilki manfaat dalam kesehatan, kandungan nutrisi dan zat aktif yang kompleks dalam teripang dipercaya berkaitan dengan fungsi terapi dan manfaatnya bagi kesehatan. Pengolahan teripang pada masyarakat tradisional biasanya sebagai makanan yang diolah dengan cara ditim, direbus sebagai sup maupun dalam kondisi kering dan dibuat dalam bentuk bubuk. Adapun manfaat teripang bagi kesehatan menurut artikel ilmiah, diantaranya

  1. Teripang sebagai antikanker

Kandungan antioksidan berupa triterpen saponon dapat mencegah terbentuknya stress oksidatif akibat radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh, radikal bebas ini berperan dalam proses terbentuknya sel-sel kanker. Konsumsi teripang menurunkan resiko ini

  1. Teripang mencegah infeksi mikroorganisme

Kandungan nutrisi yang lengkap pada teripang mampu meningkatkan daya tahan tubuh bagi yang mengonsumsinya, daya tahan tubuh yang baik akan mencegah infeksi dari berbagai mikroorganisme baik bakteri, virus maupun jamur.

  1. Teripang mencegah serangan jantung dan penyakit pembuluh darah yang lain.

Menurut penelitian Ruijin Hospital,Shanghai Second Medical University konsumsi teripang secara rutin dapat mencegah terjadinya trombus (bekuan darah yang menyumbat) pada pembuluh darah. Selain itu kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) yang berefek protektif untuk serangan jantung. Menurut penelitian Dept Pharmacology, First Military Medical College Guangzhou menyatakan bahwa teripang memilki efek antikoagulan (mengencerkan darah) yang membantu mencegah terjadinya plak-pla bekuan darah pada pembuluh darah jantung

  1. Teripang mengurangi nyeri pada radang sendi

Efek antiradang dari senyawa triterpen pada teripang mampu mengurangi keluhan nyeri yang melibatkan proses peradangan pada penyakit radang sendi

  1. Teripang mencegah neuropati perifer (kesemutan)

Kandungan nutrien dalam teripang seperti vitamin B dan berbagai asam amino yang memiliki efek neuroprotektor dapat mencegah terjadinya keluhan kesemutan akibat kekurangan nutrisi tersebut.

  1. Teripang membantu perbaikan luka pasca operasi

Kandungan asam amino dan asam lemak pada teripang terutama asam arakhidonat membantu perbaikan luka setelah operasi, hal ini sesuai dengan penelitian Journal Of Marine Drugs tahun 2011.

  1. Teripang membantu memenuhi kebutuhan kalsium tulang

Teripang mengandung mineral terutama kalsium, kandungan kalsium dari teripang mampu memenuhi kebutuhan harian kalsium tulang dan dapat membantu memperkuat tulang.

8.  Teripang mampu meningkatkan kesuburan

Teripang sudah lama digunakan oleh bangsa Cina untuk meningkatkan kesuburan. Kandungan antioksidan dan zink pada teripang yang tinggi mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas dari sperma pada pria.

9.  Teripang mampu meningkatkan stamina dan pemulihan pasca sakit

kandungan nutrien seperti vitamin A, vitamin B, mineral kompleks, asam amino dan asam lemak dapat meningkatkan stamina dan membantu pemulihan setelah sakit. Kandungan nutrien tersebut mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Sekian pembahasan mengenai manfaat teripang bagi kesehatan, artikel ini hanya memberikan infromasi dari jurnal-jurnal ilmiah yang telah ditelaah oleh kontributor medisatu.com, penelitian mengenai manfaat teripang sebagai terapi medis masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Share artikel ini apabila anda mendapatkan manfaat setelah membaca artikel ini. Salam sehat selalu (dr. Gigih Setiawan, 2017).

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web